Krueng Daroy

0
138

Sekitar 30 mahasiswa dan dosen Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Aceh kembali mempercantik Kota Banda Aceh dengan membuat mural di sepanjang bantaran Krueng Daroy. Kawasan yang dipermak tepat berada di belakang situs objek wisata Gunongan Banda Aceh.

Bila mural di kawasan Krueng Doe, tepatnya di Dusun Kerinci, Gampong Seutui bertema lingkungan dan pendidikan, berbeda halnya dengan di kawasan Krueng Daroy ini. Para seniman mengangkat tema sejarah yang berkaitan dengan kisah heroisme Sultan Iskandar Muda dan Putroe Phang atau Putri Pahang.

Saat aceHTrend mengunjungi lokasi tersebut pada Minggu siang (3/3/2019), lukisan mural yang dikonsepkan ISBI hampir rampung.

“Untuk gambarnya sudah hampir rampung, tinggal ditambahkan beberapa tulisan untuk melengkapi gambar ini supaya orang yang melihatnya mengetahui tentang sejarah Sultan Iskandar Muda,” ujar dosen ISBI, Hatmi Negria Taruan, yang terlibat dalam pembuatan mural.

Pembuatan mural ini dimulai Jumat malam oleh mahasiswa dan dosen ISBI. Mereka diminta oleh Pemerintah Kota Banda Aceh untuk membantu mempercantik bantaran Krueng Daroy dengan mural yang menceritakan tentang Sultan Iskandar Muda.

Hal ini menjadi sebuah tantangan bagi Hatmi dan teman-temannya karena lukisan ini bertemakan sejarah Aceh. “Kami mencari beberapa referensi dari internet dan bertanya kepada orang yang mengetahui sejarah ini agar gambar yang kami hasilkan tidak keliru,” ungkap Hatmi.

Mereka yang kebanyakan berasal dari luar Aceh sangat senang mengerjakan lukisan tersebut walau hanya ditanggung biaya transportasi dari Jantho, Aceh Besar dan makan selama pengerjaan mural ini. “Senang saja sih mengerjakannya, saya jadi tahu tentang sejarah Aceh,” ujar Reza, dosen ISBI yang berasal dari Jambi.

Begitu juga dengan mahasiswa ISBI, mereka sangat senang bisa ikut berpartisipasi mempercantik bantaran Krueng Daroy. Di sela-sela libur kuliah, mereka mau datang jauh-jauh dari Kota Jantho untuk mengerjakan lukisan mural ini.

“Saya sangat senang melukis mural ini, paling tidak nanti ada kenangan-kenangan dari saya di Aceh,” ujar Roli, mahasiswa ISBI yang berasal dari Riau.

Kini, di sepanjang bantaran Krueng Daroy dipenuhi dengan gambar mural yang kian mempercantik tampilan Kota Banda Aceh. Semoga nantinya akan menjadi spot wisata berikutnya di Kota Banda Aceh.[]

Editor : Ihan Nurdin

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here